7 Cara Daftar SNMPTN 2020

7 Cara Daftar SNMPTN 2020

7 Cara Daftar SNMPTN 2020

7 Cara Daftar SNMPTN 2020
7 Cara Daftar SNMPTN 2020

Selain harus menghadapi Ujian Nasional

(UN), siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir atau kelas 12 pada tahun 2020 sebentar lagi akan melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Siapa yang deg-degan?

SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan prestasi rapor atau nilai akademik maupun non-akademik.
Baca Juga: Cara Lulus SNMPTN Agar Bisa Kuliah di Universitas Negeri
Jadi, kesempatan ini berlaku untuk siswa yang konsisten menunjukkan prestasinya selama di bangku sekolah.
SNMPTN itu adalah jenis seleksi jalur undangan, makanya biaya SNMPTN ditanggung penuh pemerintah. Jadi, siswa tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Kalau jalur tertulis, namanya SBMPTN

(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kriteria lain (yang ditetapkan PTN). Biaya mengikuti tes SBMPTN dibayar peserta dan subsidi pemerintah.
Karena yang sudah dekat waktunya adalah SNMPTN, maka dari itu Cermati.com akan membahas mengenai jadwal hingga tahapan pendaftaran SNMPTN 2020 yang dikutip dari laman resmi SNMPTN maupun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
ADVERTISEMENT
Catat Jadwal SNMPTN 2020
Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2020, berdasarkan informasi maupun media sosial, yakni:

Pendaftaran SNMPTN: 14-27 Februari 2020

Seleksi SNMPTN berlangsung: 28 Februari-3 April 2020

Pengumuman hasil seleksi SNMPTN: 4 April 2020.

 

Karena kuota daya tampung SNMPTN minimal 20 persen

dari kuota setiap program studi di PTN, maka peserta yang dapat mendaftar seleksi ini adalah siswa yang memenuhi syarat dan masuk pemeringkatan sekolah.
Pemeringkatan ini dilihat berdasarkan nilai mata pelajaran dan kelengkapan data nilai siswa yang diisi pihak sekolah dengan ketentuan akreditasi sekolah.
Selain itu, pihak sekolah dapat menambahkan kriteria prestasi akademik atau non-akademik lain bila ada siswa yang memiliki nilai sama.
Kemudian LTMPT melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai hasil pemeringkatan sekolah setelah difinalisasi sistem PDSS.

 

 

Baca Juga :