5 Alasan Kenapa Gado-gado Bon Bin Wajib Dicoba

5 Alasan Kenapa Gado-gado Bon Bin Wajib Dicoba

5 Alasan Kenapa Gado-gado Bon Bin Wajib Dicoba5 Alasan Kenapa Gado-gado Bon Bin Wajib Dicoba

+”Yuk nyobain gado-gado Bon Bin?”
– “Di mana tuh?”
+ “Cikini. Jakarta Pusat.”
– “Mau makan gado-gado aja jauh bener. Di sekitar sini juga banyak.”
+ “Eits, jangan salah. Gado-gado Bon Bin tuh beda.”
– “Oh, ya? Apa bedanya? Kalau gitu bolehlah dicoba.”

Memang harus dicoba. Karena gado-gado Bon Bin itu beda. Apa sih yang membuatnya beda?

Gado-gado Bon Bin

Gado-gado. Makanan asal Betawi yang berisi aneka sayuran ditambah lontong dengan bumbu kacang yang diulek lalu diberi kerupuk.

Jenis makanan yang sangat merakyat dan familiar dilidah masyarakat. Saya dan kamu pasti pernah menikmati rasanya gado-gado. Entah itu karena memang suka dengan yang namanya gado-gado atau hanya ingin sekadar tahu seperti apa sih gado-gado itu.

Tetapi tidak semua gado-gado memiliki cita rasa yang istimewa. Salah satunya gado-gado Bon Bin. Gado-gado yang sudah ada sejak tahun 1960.

Gado-gado yang berlokasi di Jalan Cikini IV No.5 Menteng, Jakarta Pusat ini buka dari hari Senin-Minggu pukul 10.00-17.00 WIB. Dan tidak ada cabang lain. “Hanya buka di sini,” terang Hadi Lingga Wijaya. Generasi kedua pemilik restoran gado-gado ini.

Dulu pernah ada yang menawari untuk buka di tempat lain. Bahkan ada yang menawar bumbunya sampai ratusan juta. Tetapi ditolak. Jadi gado-gado dan tempatnya sangat legendaris.

Nama Bon Bin sendiri berasal dari nama Jalan Kebon Binatang di Taman Ismail Marzuki tempat awal gado-gado ini berdiri. Sebelum pindah ke Jalan Cikini IV. Jadi jangan sampai salah tafsir dengan nama Bon Bin sehingga mengira lokasinya di Kebon Binatang.

Gado-gado Bon Bin terasa istimewa dan berbeda dari gado-gado yang biasa kita jumpai karena bumbunya tidak diulek. Melainkan di siram dan sangat lembut. Di atasnya ada tambahan toping berupa kerupuk udang dan emping.

Pelanggan gado-gado Bon Bin beragam. Mulai dari masyarakat biasa, warga asing, pejabat negara sampai presiden. Almarhum Gus Dur dan Taufik Kiemas pernah singgah di sini. Serta tentu saja Megawati Soekarnoputri yang merupakan istri dari almarhum Taufik Kiemas.

Gado-gado Bon Bin sejak 1960

Dari semua hal di atas ada 5 hal yang membuat kamu harus mencicipi gado-gado Bon Bin :

1 .Gado-gado Bon Bin sangat legendaris. Sudah ada sejak tahun 1960.

2 . Bumbu gado-gado Bon Bin berbeda dari yang lain.

3 .Gado-gado Bon Bin tidak memiliki cabang. Hanya ada di satu tempat.

4 . Gado-gado Bon Bin digemari oleh orang-orang penting

5 . Di sini bebas lalat karena memiliki sistem tersendiri

Kalau pejabat-pejabat negara saja sudah pernah mencicipi gado-gado Bon Bin. Masa kamu belum. Jadi jangan sampai dilewatkan. Masukkan dalam daftar wisata kulinermu. (EP)

 

 

POS-POS TERBARU